fbpx

10 Jenis Website yang Paling Umum Berdasarkan Fungsinya

Bagikan Postingan Ini

Website adalah media yang digunakan untuk berbagi informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini website adalah layanan yang sudah banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan, baik untuk tujuan bisnis, sosial maupun pribadi.

Mulai dari sekolah, perusahaan-perusahaan, bahkan pemerintah saat ini sudah banyak yang membuat websitenya sendiri.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka untuk memberikan informasi kepada kita dengan mudah.

Perlu kamu ketahui saat ini website ada banyak jenisnya.

Kamu harus memahami perbedaan jenis-jenis website tersebut agar kamu akan lebih mudah untuk menemukan atau mungkin ingin membuat website yang kamu butuhkan.

Sebelum ke pembahasan jenis-jenis websitenya, saya akan menjelaskan sedikit ulasan tentang website agar kamu dapat lebih mudah memahami perbedaan dari jenis-jenis website.

Pengertian Website

Website adalah dokumen yang ditulis dalam Hypertext Markup Language (HTML). Website biasanya memuat teks, gambar, video, musik, atau dokumen.

Biasanya website mempunyai nama domain contohnya seperti google.com. Website disimpan pada webserver dan bisa diakses melalui jaringan IP public di dunia, yaitu Internet dengan URL(Uniform Resource Locator) sebagai alamat dari webnya.

Untuk membuka website kita perlu menggunakan Web Browser yang harus di install pada perangkat kita seperti komputer atau handphone, dengan syarat harus terhubung ke Internet.

Setelah itu kita bisa membuka website yang ingin kita lihat dengan cara mengetikan alamat url nya pada browser kita.

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya website bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni antara lain:

1. Search Engine

Search Engine adalah website yang digunakan untuk menelusuri berbagai website yang ada di internet. Tugas dari search engine ini adalah memberikan informasi kepada pengguna, berdasarkan kata kunci yang diberikan oleh pengguna.

Baca Juga :   Virtex WA Lag Copy Paste 2021 Sedang Ganas (Virtex Whatsapp Terbaru)

Contoh dari Search Engine diantaranya adalah Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan Ask.

2. Social Media / Social Networking

Siapa yang tidak kenal Facebook? ya, Facebook adalah salah satu contoh Website Sosial Media yang ada di internet. Sosial Media ini digunakan untuk para pengguna agar bisa saling bertukar informasi dengan mudah.

Selain facebook masih ada banyak sosial media yang populer saat ini yakni Twitter, Instagram, Pinterest, dan Reddit.

3. Portal Berita dan Informasi

Situs web ini memuat dan menyediakan berbagai berita atau informasi yang biasanya akan update artikel/berita terbaru setiap harinya. Berita tersebut di kelompokkan dalam beberapa kategori seperti politik, olahraga, perkiraan cuaca, dan lain-lain.

Contoh dari website portal berita yakni Liputan6.com, Bola.net, dan Tribunnews.

4. Blog

Blog adalah website jurnal atau catatan yang memuat beragam informasi seperti contohnya blog yang sedang anda baca ini.

Blog pada umumnya dikelola oleh satu orang author atau penulis, namun banyak juga yang dikelola oleh banyak penulis. Tujuan dari website blog ini ialah berbagi informasi dengan user yang berupa tutorial, tips dan trik, informasi unik dan lain-lain.

5. E-Commerce

E-commerce atau website toko online adalah salah satu jenis website yang saat ini tengah populer. Bagaimana tidak? dengan adanya website toko online, sekarang untuk berbelanja menjadi lebih mudah dan praktis.

Selain berbelanja anda juga bisa menjual produk atau barang-barang yang anda punya disini dengan syarat anda harus mendaftar dulu di website tersebut untuk membuat akun.

Contoh website Toko online yang saat ini tengah populer diantaranya adalah Shopie, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

6. Forum

Forum adalah situs web yang digunakan sekelompok komunitas yang memiliki persamaan minat atau tujuan untuk saling bertukar pikiran pada suatu topik atau masalah yang berkaitan dengan forum tersebut.

Baca Juga :   Pengertian Tag Beserta Daftar Tag-tag yang Ada pada HTML

Contoh forum terpopuler di Indonesia saat ini adalah Kaskus.

7. Wiki

Wiki adalah suatu website yang memperbolehkan user menambah dan mengubah konten pada website tersebut. Tentu saja pengguna tidak bisa seenaknya menambah dan mengganti. Pada website wiki ada Admin yang bertugas untuk memeriksa kelayakan konten yang dibuat oleh pengguna.

Contoh website Wiki paling dikenal yakni Wikipedia dan Wikihow.

8. Media Sharing

Website Media Sharing merupakan website yang bertujuan untuk berbagi media yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti dokumen, gambar, musik, dan video kepada user.

Contoh dari web media sharing ini yakni Youtube, Vidio, Pixabay dan pexels.

9. Cloud

Cloud Website adalah suatu situs yang menyediakan layanan untuk menyimpan berkas atau file kita yang akan disimpan atau dihosting ke server mereka. Cloud bisa memuat file berupa dokumen, musik, gambar dan video.

Cloud memperbolehkan para user untuk mengakses dan mengelola file yang sudah user hosting. Saat ini cloud juga bisa digunakan untuk hosting project website kita agar bisa diakses pada internet.

Contoh website cloud yakni, Google Drive, Dropbox dan Mega.

10. Company Profile

Company Profile merupakan suatu website yang berisi tentang informasi pada suatu perusahaan. Di dalamnya bisa memuat halaman About, Kontak dan juga Alamat perusahaan tersebut.

Contoh dari website company profile yakni Telkom dan Astra.

Kesimpulan

Jenis-jenis website diatas bisa dapat anda jadikan sebagai dasar pertimbangan website seperti apa yang akan anda buat. Apakah anda ingin membuat website yang hanya menampilkan profil tentang diri anda? Maka cukup dengan membuat website statis dengan HTML, CSS dan Javascript.
Jika anda ingin membuat website yang bisa memanajemen konten seperti blog ini, maka gunakan Platform CMS(Content Management System) seperti Blogger, WordPress, Joomla! atau Drupal tinggal anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga :   Rekomendasi 8 Website Builder Terbaik di 2021

Jadi itulah beberapa jenis-jenis website yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Sebenarnya masih ada banyak jenis website di internet. Tetapi yang saya tulis disini adalah website yang paling umum dan sering dikunjungi oleh orang-orang.

Apakah sekarang anda tertarik untuk membuat website anda sendiri? Silahkan ikuti terus blog ini, karena kedepannya bakal saya bahas tentang cara membuat website.

Oke mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat. Kita jumpa lagi lain hari. Jangan lupa untuk share dan beri komentar untuk artikel ini ya, terima kasih.

Beri Komentar Pada Artikel Ini

Berikan komentar Anda kepada saya disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Saya

Dapatkan pembaruan dan pelajari dari yang terbaik

Lebih Banyak Untuk Dijelajahi