fbpx

WordPress 5.9 Dirilis: Penjelajah Pola Baru, Editor Situs, dan Lainnya

Bagikan Postingan Ini

Pembaruan WordPress yang paling dinanti akhirnya tiba! WordPress 5.9, bernama ‘Josephine’ telah hadir dengan fitur pengeditan situs lengkap yang ditunggu-tunggu, tema WordPress default baru, penjelajah pola, dan banyak lagi.

Menyelam Jauh Ke Dalam Semua Fitur Baru Dengan WordPress 5.9

Rilis WordPress baru ini hadir dengan editor template baru yang revolusioner yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan template posting dan halaman mereka, serta bagian template seperti header dan footer dengan antarmuka visual baru yang menakjubkan.

Itu tidak semua. WordPress 5.9 akan membuat desain web dengan editor blok jauh lebih mudah dan lebih cepat dengan kontrol blok yang ditingkatkan, blok Navigasi baru, dan penjelajah pola baru yang menarik untuk dengan mudah menelusuri berbagai pola blok dan memasukkannya ke halaman web Anda.

Mari selami lebih dalam dan jelajahi semua fitur baru ini dengan lebih detail di bawah ini.

Blok Navigasi Responsif Baru & Alat Desain Untuk Editor Blok

Navigasi situs sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dan dengan WordPress 5.9, Anda sekarang dapat merasakan navigasi situs berbasis blok yang sama sekali baru dengan blok Navigasi yang baru. Dengan blok ini, Anda dapat membuat menu responsif yang indah dan menggunakannya kembali di mana pun Anda inginkan, baik itu di template baru atau saat Anda beralih ke tema yang berbeda.

Seperti namanya, blok navigasi baru ini membantu Anda mengedit menu navigasi situs web Anda, tidak hanya dari perspektif desain web tetapi juga untuk membantu struktur situs Anda. Ini telah menjadi salah satu blok yang paling diantisipasi yang dapat membantu editor Gutenberg lebih dekat untuk mengaktifkan pengeditan situs penuh.

Baca Juga :   Panduan Membuat Halaman Konfirmasi Pembayaran WooCommerce

Terlebih lagi, blok navigasi baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat menu yang dapat dengan mudah dirancang untuk responsif seluler, menambahkan lebih banyak blok dengan blok menu navigasi itu sendiri dan menampilkan semua halaman situs web.

Selain itu, beberapa alat desain baru yang ditingkatkan dan lebih konsisten telah diperkenalkan dengan WordPress 5.9, bersama dengan peningkatan warna, tipografi, dan tata letak.

Kita dapat mengharapkan beberapa interaksi blok yang ditingkatkan seperti seret dan lepas Tampilan Daftar, kontrol bilah alat yang lebih baik untuk blok bersarang, penyisipan yang ditingkatkan di antara blok dan penguncian tingkat blok untuk pola.

Penyisipan Pola Langsung Dari Direktori Pola

Direktori pola WordPress pertama kali diperkenalkan dengan rilis WordPress 5.8, dan telah menjadi pengubah permainan untuk pembuatan halaman di Gutenberg. Dengan rilis WordPress baru, kami sekarang mendapatkan akses ke Pattern Explorer, yang memungkinkan Anda dengan mudah mencari pola baru dari direktori dan memasukkannya ke editor Anda.

Sebelumnya, pengguna harus menyalin pola dari direktori pola lalu kembali ke editor Gutenberg dan menempelkannya. Penyisipan pola yang ditingkatkan ini dapat membuat proses penggunaan pola blok lebih cepat dan lebih mudah.

Meningkatkan Pengeditan Situs Penuh Dengan Editor Gutenberg

Dengan WordPress 5.9, kami selangkah lebih dekat untuk mencapai pengeditan situs lengkap dengan editor Gutenberg. Membuat halaman web yang indah dengan editor blok sekarang jauh lebih mudah bagi semua pengguna dengan Editor Situs baru di Gutenberg.

Anda dapat mengakses Editor Situs di Gutenberg dengan masuk ke Appearance–> Editor seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Anda kemudian akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda dapat menyesuaikan setiap bagian dari situs WordPress Anda di editor Gutenberg. Untuk menggunakan Editor Gaya dari sini, cukup klik tombol ‘Gaya’ di sebelah ikon roda gigi seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda sekarang dapat mengonfigurasi berbagai opsi penyesuaian untuk situs web Anda seperti mengubah tipografi, palet warna, tata letak, dan banyak lagi.

Baca Juga :   Cara Membuat Web Sekolah Dengan WordPress

 

Tampilan Daftar Template Baru Dan Tampilan Bagian Template

Selain itu, dari Editor Situs Anda sekarang juga dapat mengakses ‘Tampilan Daftar Template’, yang merupakan bagian penting dari pengeditan situs lengkap di Gutenberg. Dari Editor Situs, Anda dapat mengklik ikon WordPress di sudut kiri atas halaman Anda untuk mengaktifkan lebih banyak opsi navigasi. Ini akan membuka panel sisi kiri tempat Anda dapat menavigasi ke tampilan Daftar Template.

Dengan cara ini sekarang lebih mudah bagi pengguna WordPress untuk langsung menavigasi dari halaman beranda situs web mereka ke templat tertentu di situs web mereka langsung dari Editor Situs. Demikian pula, mereka juga dapat mengklik tab ‘Template Parts’ untuk menyesuaikan bagian template tertentu juga.

Pengenalan Tema Default WordPress Baru: Dua Puluh Dua Puluh Dua

Secara tradisional setiap tahun tema WordPress default baru dirilis dan diberi nama setelah tahun yang akan datang. Dengan WordPress 5.9, kami mendapatkan tema Twenty Twenty-Two baru yang menakjubkan, yang akan menjadi tema default untuk tahun ini.

Menampilkan ilustrasi indah burung yang sedang terbang, tipografi sederhana seperti Source Serif Pro, dan palet warna halus yang terinspirasi oleh alam itu sendiri, Twenty Twenty-Two adalah tema default paling ringan dan fleksibel yang dibuat untuk WordPress.

Twenty Twenty-Two juga hadir dengan banyak pilihan penyesuaian dan berbagai pola, template halaman, header dan footer untuk membantu Anda menambahkan sentuhan pribadi Anda. Beberapa pola sengaja dirancang agar tidak beraturan, sementara yang lain lebih tradisional, untuk membantu Anda menambahkan keseimbangan sempurna antara kesenangan dan utilitas dalam desain situs web Anda.

Seperti yang Anda lihat, WordPress 5.9 mungkin mengalami penundaan singkat, tetapi pembaruan besar ini layak untuk ditunggu. Jadi selami dan jelajahi tema default dan semua fitur menarik yang telah dirilis dengan WordPress 5.9 hari ini.

Baca Juga :   APA ITU WORDPRESS MULTISITE

Menikmati artikel ini? Kemudian pastikan untuk berlangganan blog kami untuk berita dan pembaruan terbaru tentang semua hal WordPress, atau bergabunglah dengan komunitas Facebook kami yang ramah.

Sumber Artikel :
WPDeveloper || Versi Bahasa Inggris

________________________________________________________________

Diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia oleh : Kakanda Zyan

Beri Komentar Pada Artikel Ini

Berikan komentar Anda kepada saya disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Saya

Dapatkan pembaruan dan pelajari dari yang terbaik

Lebih Banyak Untuk Dijelajahi